Hasil Rangkaian Analog menggunakan Osiloskop

Hasil Rangkaian Analog menggunakan Osiloskop


Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan hasil rangkaian filter analog menggunakan osiloskop dengan input berupa sinyal detak jantung yang dideteksi menggunakan sensor photodiode dan infrared. Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan hasil simulasi dari aplikasi LTSpice yang dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Mikroprosesor.

Inilah rangkaian filter analog yang dibuat oleh penulis :


Gambar 1 : rangkaian filter analog pada LTSpice

Dimana input yang diberikan berasal dari detak jantung yang dideteksi dengan menggunakan sensor optik yang berasal dari jari tangan penulis.
Kemudian sinyal input ini dilewatkan ke sebuah preamplifier yang outputnya akan dijadikan input pada low pass filter kemudian sinyal yang dihasilkan akan dikuatkan kembali dengan menggunakan amplifier.
Inilah hasil yang muncul pada osiloskop yang diperoleh :


Gambar 2 : hasil pada osiloskop dengan skala X = 2.4s/div dan skala Y=5mV/div

Dapat dilihat pada gambar 2 di atas diperoleh hasil yang belum terlalu sempurna, namun dapat terlihat bahwa sinyal output yang muncul merupakan sinyal jantung.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video output rangkaian analog pada osiloskop di bawah ini :




Salam,

Penulis,

Tafriyana/13215014                                                                                                                                    Dewinta Putri/13215067







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jam Digital dengan 4 digit 7-segment - Bahasa Arduino

Jam Digital dengan Timer yang bisa diatur

Pengolahan Sinyal Digital