JAM DIGITAL DENGAN KEMAMPUAN MULTITASKING

Pada kesempatan kali ini, dirancang sebuah jam digital dengan menggunakan Arduino Uno. Pemrograman disusun denga menggunakan bahasa C. Adapun spesifikasi dari device yang dibuat yaitu jam digital yang memiliki kemampuan multitasking. Multitasking disini artinya jam digital yang dibuat juga bisa dibawa ke mode setting jam dan mode kalkulator.
Ketika awal dijalankan, device berada pada mode jam dan seven segmen akan menampilkan jam serta menit. Digunakan timer noverflow pada mode normal dengan prescaller 1024. Ketika tombol ‘*’ pada keypad ditekan, maka device akan bisa digunakan untuk melakukan setting jam. Tiap digit bisa dinaikkan nilainya dengan menekan tombol B atau menurunkan dengan menekan tombol C. Untuk mensetting digit berikutnya, bisa digunakan tombol A. Nilai digit yang bisa dipilih terbatas, misalnya untuk menit puluhan, nilai digit hanya berkisar antara 0 sampai 5. Hal ini karena pada jam digital tidak mungkin menitnya melebihi angka 59. Begitu juga dengan digit jam puluhan. Jika jam satuannya bernilai lebih dari 3, maka nilai jam puluhan yang mungkin berkisar antara 0 sampai 2. Kemudian, jika proses setting telah selesai, maka seven segmen akan kembali ke mode jam dengan nilai yang telah diatur.
Jika tombol ‘#’ pada keypad ditekan, maka mode akan berubah ke kalkulator. Input dari kalkulator sendiri merupakan dua buah angka yaitu a dan b, yang masing – masing terdiri dari 2 digit. Proses yang dapat dilakukan oleh kalkulator adalah penjumlaha, pengurangan, dan perkalian. Ketika mode kalkulator mulai berjalan, maka program akan meminta user menginputkan dua buah digit untuk variabel a. Setiap memasukkan digit, user perlu menekan tombol D agar program menyimpan nilai digit. Selanjutnya user perlu menginputkan nilai untuk variabel b dengan cara yang sama. Terakhir, user perlu menginputkan jenis operasi yang perlu dilakukan dan program akan menampilkan hasil setelah user menekan tombol D. Khusus untuk pengurangan, jika hasil pengurangan (a-b) adalah negatif, maka LED biru pada rangkaian akan menyala sebagai penanda negatif. Ketika mode perhitungan pada kalkulator selesai, maka program akan kembali ke mode jam secara otomatis.
Perlu digaris bawahi bahwa jam digital akan terus berjalan di dalam program, bahkan ketika mode kalkulator maupun mode setting jam dijalankan. Untuk source code yang digunakan, bisa diunduh di link berikut ini.


Demo dari source code diatas adalah sebagai berikut


Demo video :



Salam,

Penulis,

Tafriyana/13215014                                                                                                                                    Dewinta Putri/13215067






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jam Digital dengan 4 digit 7-segment - Bahasa Arduino

Jam Digital dengan Timer yang bisa diatur

Pengolahan Sinyal Digital